Peringkat Akreditasi Program Studi “B” 

Ketua Program Studi:

Fadli Zainuddin, S.Pi, M.Si

NIP: 197907212008121003

NIDN: 0021077903

Email: fadliz@gmail.com

 

I. Pendirian

Program Studi Diploma Tiga Budidaya Perikanan (D3-BDP) berada di bawah Jurusan Perikanan, didirikan dengan dasar Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Dirjen Dikti  tertanggal 18 Mei 1999 Nomor 235/DIKTI/Kep/1999. Kemudian diperpanjang dengan ijin perpanjangan nomor 73/DIKTI/Kep/2007 dan tanggal SK Izin Operasional 04 April 2007. Berdasarkan hasil penilaian dan keputusan BAN-PT 002/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/I/2015, Program Studi D3-BDP terakreditasi dengan Peringkat Akreditasi “B” (Baik). Masa berlaku akreditasi Prodi MSP ini dari tanggal 9 Januari 2015 sampai 9 Januari 2020.

II. Visi

Menjadi  program studi penghasil lulusan yang terpercaya dan profesional di bidang budidaya perikanan.

III. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional dan penelitian terapan bidang Perikanan Budidaya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat guna menunjang upaya pembangunan nasional yang sesuai dan sepadan dengan kebutuhan mayarakat dengan mengunggulkan pengembangan jiwa kewirausahaan (Enterpreneureship) dan Quality Manajement System (QSM).
  2. Membina dan mengembangkan Profesionalisme yang sehat dan dinamis melalui Sistim Monitoring dan Evaluasi, Otonomi, Akuntabilitas dan Akreditasi menuju NJN
  3. Mengembangkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat dengan memberdayakan sumberdaya Program Studi Budidaya Perikanan secara maksimum melalui pengembangan kreativitas, integritas dan produktifitas pribadi civitas akademika.

IV. Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga ahli madya budidaya perikanan yang bermoral dan profesional, mampu menerapkan teknologi budidaya perikanan yang bertanggungjawab.
  2. Melaksanakan pengajaran, penelitian terapan dan pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan kesejahtaraan masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan yang mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman serta menonjolkan kemampuan berkomunikasi, kemandirian dan berwawasan kedepan serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral, budaya dan kemanusiaan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

V. Sasaran

  1. Dalam bidang pendidikan, menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teknis operasional yang bermutu dibidang budidaya perikanan.
  2. Dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat,menghasilkankarya penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat.