Peringkat Akreditasi Program Studi “B” 

Ketua Program Studi:

Fanny F. C. Simatauw, S.Pi, M.Si

NIP: 196707131996012001

NIDN: 0013076705

Email: fanny_simatauw@yahoo.com

 
Sekretaris Program Studi:

Fitriyah Saleh, S.Pi, M.Si

NIP: 198307152014042002

NIDN: 0009127504

Email : fitriyah.irmawatisaleh@gmail.com

 

I. Pendirian

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (PS MSP) berada di bawah Jurusan Perikanan, didirikan dengan dasar Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Dirjen Dikti  (Satrio Soemantri Brodjonegoro) tertanggal 26 September 2001 Nomor 3117/D/T/2001. Kemudian diperpanjang dengan ijin perpanjangan nomor 3945/D/T/K-N/2009 dan tanggal SK Izin Operasional 26 November 2009. Berdasarkan hasil penilaian dan keputusan BAN-PT 372/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014, Program Studi MSP terakreditasi dengan Peringkat Akreditasi “B” (Baik). Masa berlaku akreditasi Prodi MSP ini dari tanggal 20 September 2014 sampai 19 September 2019.

II. Visi

Menjadi program studi unggul di Kawasan Timur Indonesia dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) di bidang pengelolaan sumberdaya perairan dan konservasi berbasis kearifan lokal pada tahun 2030.

III. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu untuk menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas tinggi, profesional dan kompeten dalam bidang pengelolaan sumberdaya perairan dan konservasi berbasis kearifan lokal.
  2. Mengembangkan atmosfir akademis yang menunjang produktivitas ilmiah dalam penerapan IPTEKS di bidang pengelolaan sumberdaya perairan dan konservasi berbasis kearifan lokal.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang relevan dengan bidang pengelolaan sumberdaya perairan dan konservasi berbasis kearifan lokal.
  4. Membangun jaringan kerjasama di Kawasan Timur Indonesia, di level nasional maupun internasional.

IV. Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi, profesional dan kompeten dalam pengelolaan sumberdaya dan lingkungan perairan yang berkelanjutan dan mampu mengaktualisasikan konsep konservasi dan kearifan lokal.
  2. Mewujudkan masyarakat akademik yang kreatif, inovatif dan kompetitif dalam mengembangkan dan menerapkan konsep dan model-model pengelolaan sumberdaya perairan dan konservasi berbasis kearifan lokal.
  3. Memberdayakan masyarakat perikanan dalam pengelolaan dan pelestarian sumberdaya perairan melalui kegiatan-kegiatan pembinaan dan pendampingan yang sesuai dengan karakteristik sosial budaya masyarakat.
  4. Membina kerja sama dan kemitraan dengan berbagai pihak guna pengembangan kapasitas, peningkatan peran dan daya saing Prodi MSP yang dimulai dari Kawasan Timur Indonesia, hingga level nasional maupun internasional.

V. Sasaran

  1. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang bermutu berdasarkan kurikulum berbasis KKNI.
  2. Terwujudnya masyarakat akademik yang kreatif, inovatif dan kompetitif dalam mengembangkan dan menerapkan konsep dan model-model pengelolaan sumberdaya perairan dan konservasi berbasis kearifan lokal.
  3. Terselenggaranya kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat yang terpadu dan terarah dalam bentuk desa/kampung binaan.
  4. Terbinanya hubungan kerjasama akademik yang kontinyu dan produktif antara Prodi MSP dengan akademisi, lembaga pendidikan, institusi pemerintah, maupun swasta, baik di Kawasan Timur Indonesia maupun di level nasional dan internasional.