Peringkat Akreditasi Program Studi “B” 

Ketua Program Studi:

Ferawati Runtubai, S.Ik., M.Si

NIP: 198402062008012005

NIDN: 0006028401

Email: fespl.ipb@gmail.com

 

I. Pendirian

Program Studi Ilmu Kelautan (PS IKL) berada di bawah Ilmu Kelautan, didirikan dengan dasar Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Dirjen Dikti  (Satrio Soemantri Brodjonegoro) tertanggal 26 September 2001 Nomor 3117/D/T/2001. Kemudian diperpanjang dengan ijin perpanjangan nomor 308/D/T/2006 dan 3944/D/T/K-N/2009 serta tanggal SK Izin Operasional 26 November 2009. Berdasarkan hasil penilaian dan keputusan BAN-PT 383/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014, Program Studi MSP terakreditasi dengan Peringkat Akreditasi “B” (Baik). Masa berlaku akreditasi Prodi IKL ini dari tanggal 27 September 2014 sampai 26 September 2019.

II. Visi

Menjadikan PS IKL yang unggul dalam bidang sumber daya kelautan dan riset berbasis inovasi IPTEK di Kawasan Indo-Pasifik pada Tahun 2027.

III. Misi

  1. Mengembangkan program peningkatan kualitas SDM yang beretika dan berintegritas melalui pendidikan-pengajaran bidang kelautan.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan dan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi lulusan.
  3. Mengembangkan ketrampilan dan riset yang berbasis inovasi iptek kelautan
  4. Mengimplemetasikan ketrampilan dan keilmuan bidang kelautan dalam praktek terhadap masyarakat dalam bentuk kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa baik KKN regular/tematik dan praktek kerja lapangan
  5. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengkomunikasikan bidang keilmuan dan hasil riset
  6. Meningkatkan pembinaan organisasi kemahasiswaan melalui peningkatan mutu program ekstrakurikuler yang mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan profesionalisme melalui kegiatan keahlian seperti selam keahlian, pelatihan pembuatan peta sumberdaya laut, dan pelatihan penggunaan software oseanografi fisik
  7. Meningkatkan pembinaan kemahasiswaan yang professional dan berkarakter kewirausahaan yang bertanggung jawab.
  8. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai mitra melalui promosi hasil riset dan pengabdian.

IV. Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga profesional dan inovatif dalam bidang sumberdaya kelautan berdasarkan riset kelautan berbasis IPTEK.
  2. Menghasilkan Lulusan yang menguasai teori, konsep dasar dan memanfaatkan IPTEK kelautan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan teori, konsep dasar dan IPTEK kelautan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menghasilkan Lulusan yang mampu mengambil keputusan strategis secara cermat dan teliti berdasarkan hasil analisis data dan informasi sekaligus dalam memilih solusi alternatif serta mampu mempertanggungjawabkan keputusan strategis yang diambil dan dapat mengimplementasikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

V. Sasaran

  1. Menjadikan PS IKL merupakan lembaga pendidikan yang mampu menciptakan tenaga profesional dan inovatif dalam bidang sumberdaya kelautan berdasarkan riset kelautan berbasis IPTEK dikawasan Indopasifik pada tahun 2027
  2. Menjadikan PS IKL sebagai pusat penelitian PS yang menerapkan teori, konsep dasar dan memanfaatkan IPTEK kelautan khususnya pada perairan Papua dan kawasan Indopasifik.
  3. Menjadikan PS IKL sebagai lembaga pendidikan yang mengiplementasikan teori, konsep dasar dan IPTEK kelautan melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat di pesisir Papua dan kawasan Indopasifik.