Project Based Learning
Project Based Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan peran aktif dari pesertanya (Mahasiswa). Project based learning bukanlah hal baru di dunia pendidikan. Implementasi dari project based learning terbukti mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran.
Metode pembelajaran abad ke-21 memiliki ciri khas dalam gaya pembelajaran 4C yaitu Comunication (mampu berkomunikasi dengan baik), Collaboration (mampu berkolaborasi), Critical Thinking Skill (mampu berpikir kritis), Creative (mampu berpikir kreatif). Oleh karenanya model pembelajaran dengan cara ceramah atau model gaya belajar klasik yaitu dosen menerangkan di depan kelas dan mahasiswa duduk mendengarkan kini mulai perlahan bergeser berubah dari guru sebagai pusat pembelajaran menjadi mahasiswa yang menjadi pusat pembelajaran (Student Center Learning/SCL).
Gambar Pembelajaran Student Centered Learning
Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan FPIK UNIPA menyelenggarakan Pameran Hasil Project Based Learning selama 3 hari (12-14 Deember 2024). Pameran terdiri dari 3 (Tiga) Mata Kuliah, yaitu MK. Manajemen Perairan Umum (Poster Ekologi Ikan, Sosial Ekonomi, Makrobenthos dan Kelembagaan Sungai Wosi), MK. Botani Akuatik (Poster Tanaman Air dan Herbarium Tanaman air Sungai Wos), MK, Pengendalian Pencemaran dan Kesuburan Perairan (Poster Monitoring Sampah Lautdan Alat sederhana pengolahan limbah cair).
Kunjungan Mahasiswa dan Dosen FPIK UNIPA pada Pameran Project Based Learning Program Studi MSP FPIK UNIPA
Pembelajaran yang berkualitas adalah pembelajaran yang memiliki indikator kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan kondisi ini model pembelajaran yang digunakan harus tepat dan mampu mewujudkan proses pembelajaran yang merangsang dan mendorong pencapaian hasil belajar yang optimal. Mahasiswa dan dosen memiliki peran sangat penting dalam menjalankan model pembelajaran tersebut. Peran dosen sebagai fasilitator, motivator, dan inspirator untuk menjalankan model pembelajaran, sedangkan mahasiswa belajar kreatif, kolaboratif dan eksploratif untuk mengasah sikap, pengetahuan dan keterampilan sebagai target belajar agar tercapai kompetensinya.